Kompo「Baccarat Dragon」nen Penginderaan Jauh

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Bandar taruhan sepak bola

Dalam buku Penginderaan Jauh (1994) kaBaccarat Dragonrya Baccarat DragonsuBaccarat Dragontanto, dijelaskan beberapa komponen penyusun penginderaan jauh, yaitu:

KOMPAS.com – Penginderaan jauh merupakan sebuah sistem untuk memeroleh informasi tentang obyek atau daerah. Karena merupakan sebuah sistem, berarti penginderaan jauh disusun oleh beberapa komponen yang saling mendukung.

Baca juga: Jenis-Jenis Citra Penginderaan Jauh

Bagian dari gelombang elektromagnetik yang bisa menembus lapisan atmosfer disebut sebagai jendela atmosfer. Jendela atmosfer inilah yang digunakan dalam proses penginderaan jauh.

Komponen-komponen tersebut merupakan sebuah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Sebab suatu sistem dapat bekerja secara optimal apabila masing-masing komponen penyusunnya bekerja sama secara serasi dan seimbang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Bentuk-bentuk interaksi tenaga dengan obyek dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain tingkat kekasaran permukaan obyek, jenis material, kelembaban obyek, dan waktu. Interaksi ini memengaruhi kecerahan gambatan obyek pada citra.

Sensor dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu sensor aktif dan sensor pasif. Masing-masing terdiri atas sensor fotografi dan sensor non-fotografi.

Tidak semua gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh matahari bisa mencapai permukaan bumi. Hal tersebut bisa terjadi karena di atmosfer ada gas-gas dan uap air yang dapat menghalangi gelombang elektromagnetik untuk sampai ke permukaan bumi.

Interaksi tenaga elektromagnetik dengan benda-benda yang ada di permukaan bumi terjadi dalam empat bentuk, yaitu penerusan, pantulan, scattering, dan penyerapan. Interaksi tenaga dengan obyek inilah yang kemudian direkam oleh sensor.

Baca juga: Penginderaan Jauh dalam Studi Geografi

Dalam proses penginderaan jauh, sumber tenaga merupakan komponen yang wajib ada. Ada dua jenis tenaga dalam penginderaan jauh, yaitu:

Dilansir dari buku Penginderaan Jauh (2019) karya Bambang Syaeful Hadi, sensor merupakan alat perekam gelombang elektromagnetik yang dipantulkan atau dipancarkan oleh obyek di permukaan bumi.